Monday 2 December 2019

Souvenir Tote Bag Ramah Lingkungan

Souvenir tote bag ramah lingkungan.

Sekarang makin sering aja ketemu nakanak muda di manapun berada bergaya pakai tote bag.

Melihat desain tote bag yang keren-keren dan ekspresif membuat mata saya berbinar bahagia.

Sebagai pencinta tote bag, saya menyimpulkan bahwa tote bag tidak hanya diambil manfaatnya buat nyimpen printilan doang, tapi sudah masuk ke ranah lifestyle.

Pakai tote bag itu keren. Pakai tote bag itu gaya. Pakai tote bag itu nyentrik.

Apalagi di tengah hangatnya isu lingkungan hidup di berbagai media sekarang ini. Polusi plastik sudah sangat mengkhawatirkan. 

Suka lihat berita di TV kan? Sungai-sungai di kota besar tercemar berton-ton sampah plastik yang berujung pada banjir di musim hujan.

Sebenarnya nggak hanya di kota besar, bahkan di desa di lingkungan kami pun kesadaran masyarakat akan limbah justru belum bisa dikatakan ada. Masyarakat masih banyak yang buang sampah sembarang tempat, pakai plastik suka-suka, bahkan jajan gorengan 2 biji doang pakai plastik bening, dirangkap plastik kresek. Tapi karena tidak terekspos media, ya seolah-olah adem aja.

If plastic litter tossed one river, it doesn't stop at that river. It spreads and pollutes other waterway along it's path. Ngeri kan? Dampaknya bisa ke mana-mana.

Dari permasalahan yang kompleks dan nggak berkesudahan itulah, sekarang banyak digalakkan campaign tentang say no to singgle use plastic.

Sebenarnya kalau mau bijak, boleh pakai plastik, tapi setelah sekali pakai, kalau masih bisa dimanfaatkan ya dimanfaatkan lagi.

Bisa kok plastik bekas belanja di minimarket, besoknya dipakai lagi buat wadah belanjaan. 

Expand your mind, bahwa belanja itu nggak harus dikantongin pakai plastik. Kalau kiranya bisa dibawa tanpa plastik dan cukup masuk saku ya why not?

Berawal dari kegelisahan itulah, saya bikin produk souvenir tote bag ramah lingkungan pertama kali di tahun 2015.

Sekali lagi, saya pencinta tote bag. Saya sudah memakai tote bag untuk belanja sejak beberapa tahun yang lalu, dan saat ini saya sudah merasakan dampaknya. Plastik kresek di rumah sudah tidak menumpuk.

Anak-anak saya sudah paham mengenai arti pencemaran limbah plastik. Anak-anak sudah memahami, bagaimana kita bisa mencintai lingkungan dengan menjaganya agar tetap natural tanpa diusik sampah.

Souvenir tote bag yang diproduksi oleh Sekar Kencana terbuat dari berbagai macam bahan.

Biasanya tergantung reques dari customer dan budget yang mereka punya.

Ada yang minat pakai bahan yang murah seperti kain spunbun, ada yang pesan dari kain blacu, katun bahkan kanvas.

Apapun bahan tote bag-nya, selama kita masih bisa menyebarkan kebaikan, hal itu akan tetap bernilai sama. Kebaikan adalah kebaikan, seberapapun kecil nilainya.

Yuk, cintai lingkungan dengan lebih bijak mengelola sampah. Let's move out and save our earth!

Salam hangat dari Sekar Kencana Souvenir!

No comments:

Post a Comment